PENGARUH MEDIA SOSIAL DAN PAYMENT GATEWAY TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN UMKM DI KOTA SELONG
DOI:
https://doi.org/10.58330/jmarks.v2i2.442Keywords:
social media, UMKM, payment gatewayAbstract
The objective of this research is to ascertain the impact of social media and payment gateways on the growth of sales among micro, small, and medium-sized enterprises (MSMEs). This research is of a quantitative nature. The sampling data collection technique employed in this research utilized a purposive sampling method, with a total of 97 respondents from all UMKM in Selong City. The data analysis method employs Smart PLS 3. The findings indicate that social media variables exert a positive influence on the growth of UMKM sales in Selong City. This implies that by actively promoting their products on social media, UMKM can effectively disseminate information about their offerings to a broader consumer base. The variables related to payment gateways have a positive effect on the increase of UMKM sales in Selong City.
Downloads
References
Abdillah, M. R., & Rufial, R. (2022). Pengaruh Lokasi Usaha, Daya Tarik Pesaing, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada UMKM Mie Ayam Bakso I Love You di Kabupaten Tangerang. IKRAITH-EKONOMIKA, 5(3), 225–235. https://doi.org/10.37817/ikraith-ekonomika.v5i3.2458
Cohen, J. (1988). Statistical power analysis for the behavioral sciences (2nd ed). L. Erlbaum Associates.
Faldi Ilsyah Pratama, Sarwindah, S., Hegki, H., Intan Septiani, Karmila Dwi Adinda, & Putri Sundari. (2022). Peran Sosial Media Sebagai Media Peningkatan Promosi Dan Penjualan Bagi Umkm. J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(5), 4881–4886. https://doi.org/10.53625/jabdi.v2i5.3568
Faozan, A. (t.t.). Konsep Pasar Modal Syariah.
Fauzi, E., & Priyono, A. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Sosial dan Kapabilitas Inovasi terhadap Keberlanjutan Kinerja UKM di Kawasan Objek Wisata Rowo Jombor. 01(05).
Fauzi, I., & Ikasari, I. H. (2023). Rancang Bangun Penerapan Teknologi Aplikasi Payment Gateway pada Sistem Pembayaran Berbasis Web (Studi Kasus: Toko Bandar Aki).
Fitriyana, F., & Sucipto, A. (2020). Sistem Informasi Penjualan Oleh Sales Marketing Pada Pt Erlangga Mahameru. Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, 1(1), 105–110. https://doi.org/10.33365/jtsi.v1i1.239
Bab III.pdf. (n.d.). Retrieved August 6, 2024, from http://fekbis.repository.unbin.ac.id/id/eprint/151/4/bab%20III.pdf
Fauzi, E., & Priyono, A. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Sosial dan Kapabilitas Inovasi terhadap Keberlanjutan Kinerja UKM di Kawasan Objek Wisata Rowo Jombor. 01(05).
Fian, A., Sokibi, P., & Magdalena, L. (2020). Penerapan Payment Gateway pada Aplikasi Marketplace Waroeng Mahasiswa Menggunakan Midtrans. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 5(3), 387. https://doi.org/10.32493/informatika.v5i3.6719
Fitriyana, F., & Sucipto, A. (2020). Sistem Informasi Penjualan Oleh Sales Marketing Pada Pt Erlangga Mahameru. Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, 1(1), 105–110. https://doi.org/10.33365/jtsi.v1i1.239
Oktaviana, K., & Satria, C. (2021). Pengaruh Strategi Promosi Dan Harga Melalui Financial Teknologi (payment Gateway Gopay) Terhadap Kepuasan Konsumen Studi Kasus Ukm Kedai Kopi Loer Cab. Sudirman Kota Palembang. 1(2).
Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Pengembangan Produk Biskuit Terhadap Volume Penjualan Pt. Makindo Perdana. (2022). Jurnal Ilmiah M-Progress, 12(2). https://doi.org/10.35968/m-pu.v12i2.906
Prinsip_Prinsip_PEMASARAN.pdf. (n.d.).
Rahmanda, E., & Amanah, L. (2021). Pengaruh Modal Pribadi, Harga Dan Sosial Media Terhadap Pendapatan Umkm. 10.
Sabda Puta Mediti, O. C. M. (2020). Analisis Pengaruh Harga Dan Kualitas Layanan Elektronik Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pengguna Aplikasi Shopee. Jurnal Ilmu Manajemen, 8(4), 1290. https://doi.org/10.26740/jim.v8n4.p1290-1300
Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Jakarta, Prasetyo, E. T., Sastrodiharjo, I., Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Jakarta, Suraji, R., & Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Jakarta. (2022). Upaya Peningkatan Omset Penjualan UMKM melalui Penerapan Digital Marketing terhadap UMKM di Bekasi. Jurnal Pemberdayaan Umat, 1(2), 61–70. https://doi.org/10.35912/jpu.v1i2.969
Bab III.pdf. (n.d.). Retrieved August 6, 2024, from http://fekbis.repository.unbin.ac.id/id/eprint/151/4/bab%20III.pdf
Fauzi, E., & Priyono, A. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Sosial dan Kapabilitas Inovasi terhadap Keberlanjutan Kinerja UKM di Kawasan Objek Wisata Rowo Jombor. 01(05).
Fian, A., Sokibi, P., & Magdalena, L. (2020). Penerapan Payment Gateway pada Aplikasi Marketplace Waroeng Mahasiswa Menggunakan Midtrans. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 5(3), 387. https://doi.org/10.32493/informatika.v5i3.6719
Fitriyana, F., & Sucipto, A. (2020). Sistem Informasi Penjualan Oleh Sales Marketing Pada Pt Erlangga Mahameru. Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, 1(1), 105–110. https://doi.org/10.33365/jtsi.v1i1.239
Oktaviana, K., & Satria, C. (2021). Pengaruh Strategi Promosi Dan Harga Melalui Financial Teknologi (payment Gateway Gopay) Terhadap Kepuasan Konsumen Studi Kasus Ukm Kedai Kopi Loer Cab. Sudirman Kota Palembang. 1(2).
Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Pengembangan Produk Biskuit Terhadap Volume Penjualan Pt. Makindo Perdana. (2022). Jurnal Ilmiah M-Progress, 12(2). https://doi.org/10.35968/m-pu.v12i2.906
Prinsip_Prinsip_PEMASARAN.pdf. (n.d.).
Rahmanda, E., & Amanah, L. (2021). Pengaruh Modal Pribadi, Harga Dan Sosial Media Terhadap Pendapatan Umkm. 10.
Sabda Puta Mediti, O. C. M. (2020). Analisis Pengaruh Harga Dan Kualitas Layanan Elektronik Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pengguna Aplikasi Shopee. Jurnal Ilmu Manajemen, 8(4), 1290. https://doi.org/10.26740/jim.v8n4.p1290-1300
Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Jakarta, Prasetyo, E. T., Sastrodiharjo, I., Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Jakarta, Suraji, R., & Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Jakarta. (2022). Upaya Peningkatan Omset Penjualan UMKM melalui Penerapan Digital Marketing terhadap UMKM di Bekasi. Jurnal Pemberdayaan Umat, 1(2), 61–70. https://doi.org/10.35912/jpu.v1i2.969
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sab'ul Masani, Riski Romdani, Zaenul Wahyudi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.